Melalui berbagai kecaman, saya pikir kita telah berlaku tidak adil kepada Kak Jonru. Ia dituduh tukang fitnah, pendusta, dan penyebar kebencian, padahal yang ia lakukan hanya sekadar berbagi, berbagi apa yang ia anggap benar.

Kemerdekaan menyampaikan pendapat jelas dijamin di Indonesia, lalu apa salahnya jika Kak Jonru berbagi pemikirannya? Wong ada kelompok yang jelas-jelas ingin makar mengganti ideologi negara dari Pancasila menjadi khilafah saja dibiarkan kok. Sementara Kak Jonru, sekadar berbagi informasi. Inget, Gan, sharing is caring.

Beberapa waktu lalu, saya melihat pertikaian antara Kak Jonru dan Mas Akhmad Sahal. Wah, ini jelas tidak imbang. Bagaimana mungkin universalis macam Kak Jonru berdebat dengan santri liberal macam Mas Sahal? Dari portofolionya saja sudah dapat kita lihat, Kak Jonru mampu berpikir dan mengkritisi segala aspek kehidupan masyarakat, mulai dari politik, sosial budaya, ekonomi, energi sampai dengan kaidah hukum fiqih dan syariat. Sedangkan Mas Sahal? Dia ngaji dan fokus ngomongin isu toleransi umat. Jelas lebih unggul Kak Jonru dong.

Saya hanya ingin menyampaikan hal sederhana saja: kalian, orang-orang biasa, tidak akan mampu memahami kebijaksanaan dan ketinggian ilmu dari Kak Jonru. Lihat saja, Mas Sahal salah paham ketika Kak Jonru bilang bahwa Quraish Shihab itu sesat karena syiah. Yang sedang dilakukan Kak Jonru adalah memperkenalkan kaidah silogisme baru. Ya, benar, silogisme atau tata pemahaman logika yang baru.

Silogisme yang selama ini kita kenal adalah produk pemikiran filsafat Yunani kafir. Kak Jonru, sebagai seorang muslim kaffah, perlu menemukan atau membuat silogisme baru. Kita sebut saja silogisme tandingan. Lha piye? Bukankah Gubernur Jakarta saja ada tandingannya, mengapa silogisme tidak boleh ada tandingan?

Silogisme baru bikinan kak Jonru adalah ilmu logika baru yang belum pernah ada di muka bumi. Jika silogisme kebanyakan adalah semacam ini:

Premis 1: Kak Jonru adalah orang ganteng
Premis 2: Semua orang ganteng pasti pintar
Kesimpulan: Kak Jonru pasti pintar.

Dengan logika tandingan yang dibuat oleh Kak Jonru, maka silogismenya akan lain. Contohnya begini:

Premis 1: Quraish Shihab bukan syiah.
Premis 2: Syiah tidak sesat.
Kesimpulan: Kalau tidak sesat kok tidak mau jadi syiah?

Kak Jonru ingin menyampaikan bahwa kalau memang syiah tidak sesat, kenapa tidak mau disebut syiah? Dengan silogisme biasa, logika ini memang salah, namun dengan silogisme tandingan bikinan Kak Jonru, hal ini bisa dipahami. Nah, kan? Bijak, kan? Inilah logika tandingan yang sulit dipahami otak bebal kalian, wahai manusia-manusia biasa nan medioker.

Mas Sahal, yang sudah jauh-jauh kuliah S3 di luar negeri, masa silogisme kayak gini aja nggak bisa? Apa perlu Kak Jonru bikin workshop logika? Cukup dengan investasi Rp. 200.000, Mas Sahal bisa mempelajari silogisme tandingan ini dengan mudah. Harus cepat mendaftar, karena workshop jurnalistik Kak Jonru yang terakhir sampai dihadiri sepuluh ribu orang.

Dan sekali lagi, Kak Jonru bukanlah tukang fitnah. Pemfitnah adalah orang yang sadar bahwa apa yang ia katakan dusta, tapi mengatakannya sebagai kebenaran. Namun jika ia tidak tahu apa yang ia katakan, ya bukan fitnah namanya, itu artinya bodoh. Masa logika kayak gini saja tidak paham?

Ketika Kak Jonru mengatakan bahwa hanya di rezim Jokowi saja polisi masuk ke musala dengan sepatu, dia tidak sedang memfitnah Jokowi. Lho kan ada tragedi Tanjung Priok? Lha yang masuk ke musala Tanjung Priok dengan sepatu itu kan Babinsa, bukan polisi. Jadi secara teknis, Kak Jonru gak bohong dong? Babinsa dan Polisi kan beda?

Lain waktu, Kak Jonru mengunggah foto pocong yang sedang tersenyum, beliau mengatakan itu adalah foto rakyat Mesir yang berjuang, tapi ternyata bukan. Ya bukan fitnah namanya, tapi gak tahu. Masa kita nyalahin orang yang gak tahu? Atau ketika kak Jonru bilang bahwa tidak ada Kementerian Agama di pemerintahan Jokowi tapi nyatanya ada, ya ini bukan fitnah namanya. Hanya belum tahu saja, tidak usah dibesar-besarkan.

Kali lain, Kak Jonru meneruskan berita dari kawannya: Jokowi naik Garuda dengan memboyong paspampres, wartawan dan sebagainya, memakai pintu VVIP yang akibatnya membuat jadwal penerbangan terganggu. Kalau ini ternyata kabar palsu ya bukan salah Kak Jonru, tapi salah temennya Kak Jonru. Berita bohong kok ditulis, kan kasihan Kak Jonru jadi korban berita bohong. Bayangkan berapa orang yang kemudian menjadi benci Kak Jonru karena kabar bohong itu. Di sini Kak Jonru adalah korban!

Saat Kak Jonru mengklaim menang debat dengan Mas Sahal, sudah pasti saya mendukung Kak Jonru. Alasannya? Ya silogisme tandingan tadi. Kalau memang syiah tidak sesat, kenapa Mas Sahal tidak terima Pak Quraish disebut syiah? Kak Jonru seolah-olah ingin mengajari Mas Sahal, “Kalau Muhammadiyah tidak sesat, maka kalau Gus Mus yang orang NU itu saya bilang kader Muhammadiyah ya harusnya bangga. Kan Muhammadiyah tidak sesat?” Meski dalam silogisme klasik ini adalah non-sequitur alias logika yang remuk.

Butuh pemikiran bertahun-tahun dan menulis banyak buku laku untuk bisa membuat logika tandingan semacam itu. Coba bayangkan, Prof Quraish Shihab yang sudah menulis lebih dari 50 buku dan beberapa kitab tafsir Al-Quran yang diakui dunia saja tidak bisa bikin sistem logika tandingan. Berbekal kitab klasik berjudul Cara Dahsyat jadi Penulis Hebat, Sekuler Lo Gue End dan  Sembuh dan Sukses dengan Terapi Menulis, Kak Jonru telah membuat pemikiran orisinal yang berbeda dari kebanyakan orang.

Tunggu apalagi? Dalam waktu dekat, saya berharap Mojok Institute akan mengadakan Workshop Berpikir Logis ala Jonru. Dengan investasi Rp. 500.000 per orang, saya kira workshop ini akan diminati puluhan ribu pendukung Kak Jonru. Ini satu-satunya kesempatan emas agar kita bisa berpikir waras kritis dan unik ala Kak Jonru.

Kalau bukan kita, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Aduh, pusing pala Barbie.

  • Cool Lady

    tulisan yg cerdas, sarkas tp cool… btw lukisannya keren euy, suka.

  • Agung Setiawan

    Benar-benar penemuan baru dari Kak Jonru :))

    • Jonru sendiri adalah sebuah penemuan baru 🙂

  • Kent Kho

    Dalemmmmm……..makkk…crotttt nusuk….!!!

  • Angga Kristiyajati

    Logika baru???

    premis satu : garam tidak pahit
    premis dua: gula juga tidak pahit
    kesimpulan: garam kok rasanya beda dengan gula???

    silogisme baru katanya…………..
    Bwa ha ha ha ha ha ha ha………….

    • Irfan Marindra

      Salah persepsi logikanya
      Premi 1: garam tidak pahit
      Premi 2: gula tidak pahit
      Kesimpulan: gula dan garam tidak pahit

      Sy gk mendukung tapi mengarahkan konsep logika dan simpulan yg benar.

      • Angga Kristiyajati

        he he he… oh iya saya salah.. oke mari kita lihat lagi:

        diatas
        Premis 1: Quraish Shihab bukan syiah.
        Premis 2: Syiah tidak sesat.
        Kesimpulan: Kalau tidak sesat kok tidak mau jadi syiah?

        maka jika diganti dengan gula garam dan pahit

        Premis 1: gula bukan garam.
        Premis 2: garam tidak pahit.
        Kesimpulan: Kalau tidak pahit kok gula tidak bisa disebut garam?

        ha ha ha ha hah a

        • Muh Effendie

          Betul itu mas angga … hehehe..

        • raymond

          dalam logika, kesimpulan bukan dalam bentuk tanya.
          pertanyaan diajukan karena sebenarnya yang muncul dari kedua premis adalah asumsi.

        • Irfan Marindra

          Maksudnya premis itu bahwa QS adalah SYIAH , SYIAH tidak sesat. Kesimpulan nya: QS tidak sesat. (dalam hal ini jonru bertanya kalo tidak sesat mengapa tidak mau mengakui sebagai syiah) Premi 1 penghubungnya “adalah”, Premi 2 penghubungnya “tidak”

          Sedangkan mas membandingkan premis yg berbeda maksudnya. Kalo disamakan dgn premis diatas berarti seharusnya begini :
          Garam tidak/bukan PAHIT ,PAHIT tidak/bukan gula. Kesimpulan nya garam tidak gula
          Dalam hal ini premis nya berbeda krn Sama-sama mengandung kata tidak

          • Membaca ini seperti kembali ke masa SMP, mumet pula hahaa

        • Irfan Marindra

          Kali ini sy mengakui logikanya benar mas, berarti ini jonru/penulis salah buat premis nya.. Sy gk membandingkan dgn yg premis quraish.. Ckck ampun dah

          Tapi sy paham maksud penulis , mgkn Seharusnya yg benar: Premi 1: QS adalah syiah, Premi 2: syiah tidak sesat. Kesimpulan: QS tidak sesat (yg ditanya jonru kalo tidak sesat mengapa tidak mau disebut sbg syiah) ini mungkin.. Kalo emang betul premis nya seperti yg ditulis berarti salah emang itu

      • raymond

        dari kedua premis di atas, tidak bisa dibuat kesimpulan. satu yang bisa dibuat adalah rangkuman, ya yang seperti ditulis sebagai kesimpulan

        • Irfan Marindra

          Terima kasih mas, benar sekali

  • Tim Cahill

    “Siapa beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah ia berkata
    yang baik atau ia diam.” (HR Imam Bukhari dan Muslim)

  • Guest

    Very berry funny, Mister Dhani!

  • Sering ketemu orang-orang yg pake logika ini. Mending jangan diajak debat, eh sekalian jangan diajak ngobrol.

    • Fandy Hutari

      diajak berantem bagusnya 😀

      • Ronnie Yazid

        wkwkwkwk

      • bener, kalau diajak ngomong ujungnya pindah ke lutut 😀

  • kingdan

    Jojon yg satu itu sejatinya ndak ‘lucu-lucu’ amat, so. ndak perlu diberi ruang terlalu banyak disini, malah menjadi ajang promosi gratis..

    • Hahaha ladang bisnis yang wahhhh… 🙂

  • adn

    Dr tulisan ke tulisan, author punya track record melakukan fallacy dlm tulisannya. Author ini punya org tua yg baik, tp jg pny tetangga yg baik, mengikuti silogisme yg author blg penemuan baru, author akan bersedia besok lusa disebut sbg anak tetangganya. Toh tetangganya org tua yg baik jg

    • Muh Effendie

      Hahaha ….

    • Ronnie Yazid

      edyaaan.. cerdass!!

  • Muhadzir Salud ™

    kurang azar ini di dani ngezek ngezek aquh…ini pitnah….

  • Debby Niken Kw

    Kamu jahat sama kak Jonru, iri ya dhan ?

  • gemes deh ama penulisnya 😀

  • Confever

    Premis 1 : semua hal dapat terjadi bila direstui oleh tuhan
    Premis 2 : jkw pilihan rakyat menjadi presiden
    Kesimpulan : jkw yang merupakan pilihan rakyat menjadi presiden karena di restui oleh tuhan

    Semoga tuhan senantiasa memberkati jkw sebagai wong cilik penyelamat bangsa Indonesia!!!!

    • Yudaz

      Seorang pencopet berhasil mendapatkan hasil copetnya itu juga atas restu tuhan.

  • Bingung ah… P1 & P2 😛

  • Finetypo

    Udah ada yg cc ke orangnya belum?

  • Fandy Hutari

    Hahahaha adenya Jonru bisa aje!

  • henri nurcahyo
  • gbison

    gini aja.. ketika dijelaskan bahwa tulisannya salah.. dia balikin dengan kata2 bahwa dia diserang..
    lalu dia melakukan penuduhan.. padahal tidak benar.. kl menurut prosedur yg benar itu ada metodenya.. kayak gini
    1. jokowi korupsi
    2. ditanya dasar korupsi apa
    3. korupsi ambil uang rakyat
    4. tapi itu dana emang udah ada dan digunakan untuk rakyat bukan masuk kantong sendiri
    5. jaman dulu masuk kantong sendiri
    #edisigabumon
    gagal buat move on

  • JBT48

    Logika Jonru sudah benar. Anda semua yang mengatakan jonru salah itu sudah terpengaruh media asing yang mencuci otak anda semua. Semua media dhzalim dan diam-diam bersekutu mengubah pehamanan anda tentang silogisme! Ini sama dengan konspirasi vaksin! Jangan anggap anda cerdas kalau anda tidak merujuk ke portal terpecaya pkspiyungan.

    Salam!

    • Irma Risma

      saya dulu suka sama PKS, sampai ikut seminarnya tapi ketika baca postingan2 jonru sekarang saya tahu PKS seperti apa. ENEG

      • Jeehan Sangpati Safira

        lu ke klinik tonk fank aja sist hahahaha….

    • budi-skripsi

      Logika Jonru sdh benar??? hahahahaha…. makasih ut humor yg lucu banget! Hahahaha…

    • Kidnepp Effendy

      Tidak ada yang salah dengan jonru. Kalian semua pasti udah tercuci otak
      nya olah media asing! dasar antek-antek liberal! Komunis! illuminati!
      Decepticon! Pasukan Ginyu! Tidak tahukan kalian bahwa Jonru sebenarnya
      adalah Power Ranger Ungu…

      • onyx

        bro….sialan lu….ngakak gw bacanya…..jonru adalah power ranger ungu…..hahhahahahahahahahahhahahahahahah

      • ady

        pasukan ginyu,wkwkwkwkwkwwk

  • vivi

    Entah knapa membaca tulisan ini saya merasa otak saya pindah ke dengkul…

    • danking

      ga usah serius mbacanya mbak, ntar dengkule mlocot.. 😀

      • vivi

        wis mlocot ki, mas…penulis e kudu tanggung jawab… :))

    • Nauval Mardianto

      Awal membaca mengkerutkan kening, lama-lama jadi bener pindah ke dengkul

      • prabu

        ho’oh beneran migrasi ke dengkul. :v

    • Otus Bakkamoena

      Hahahaha, saya pindah ke tumit :p

    • afrizal ramadhan

      kaki di kepala kepala di kaki

  • Gerardus Juvastira

    hahhahahha numpang ngakak gan…lanjut! nb: jangan sering2 makan ayam mentah gan :v

  • jejak langkah

    Quraish Shihab (QS) mendukung ajaran Syiah.
    Jonru: QS Syiah ya? Kok protes? Kan kamu mendukung ajaran Syiah?

    Saya mendukung animal rights.
    Jonru: Kamu binatang ya? Kok protes? Kan kamu mendukung hak-hak binatang?

  • Kasihan Kak Jonru ya, sudah tukang fitnah, goblok lagi.

  • Percayalah, isi hati dan benak jonru cuman kebencian kpd rejim Jokowi. Dia punya banyak haters, tp dia sendiri adalah haters Jokowi sejati….

  • Menyuarakan kebenaran apa menyuarakan fitnah? Orang luhur beramal baik
    akan terlihat dari pancaran wajahnya, demikian sebalikya…Lha kalo liat
    tampangnya jonru???

  • Hans Deans

    Semoga Gusti Allah Ta’ala meluruskan (lagi) kabel sarafnya Kang Jonru sesuai pada tempatnya. #Udah_gitu_aja.. Amin.

  • Andre Puntang

    SARKASNYA LUAR BIASA! Like banget buat penulisnya :3

  • had

    silogisme baru

    premis satu : garam tidak pahit
    premis dua: gula juga tidak pahit
    kesimpulan : gula adalah garam karena sama2 tidak pahit

    • Antonius Rachmat W

      premis 1 : Gula itu manis
      premis 2 : Garam itu asin
      Kesimpulan : kalau dicampurkan, bisa menjadi pengganti garam ORALIT 🙂

  • Gak mengaku sebagai orang bodoh padahal sudah pernah berkali-kali melakukan kesalahan (yang dia sadari bahkan sempat minta maaf), malah diam2 memblokir orang yang secara baik2 ngasi tau dimana letak kesalahannya, adalah bagian dari fitnah juga kok.

  • Rio Julian

    “Jon.ru: Perkataan bohong atau tanpa berdasarkan kebenaran yang disebarkan dengan maksud menjelekan orang (seperti menodai nama baik, merugikan kehormatan orang) dan men.jon.ru : menjelekan nama orang. (menodai nama baik, merugikan kehormatan).” kalo saya salah ya wajar aja orang saya cuma copas dari sumber yang saya baca salahin aja yang sumbernya

  • Lisa Susilawati

    Saya heran tuh sama banyak orang, Mualaf koq diyakini lebih tahu agama daripada Kyai ya? hihihi

  • Hyu

    logika ente ngawur, ente belajar psikologi ? itu mah gak lain dan gak bukan dari taktik membela diri agar terhindar dari point pertanyaan tentang Quraish Shihab itu bukan syiah -_-

  • Sang Jupiter

    sadis bung, ane ngakak tiada henti memikirkan diksi yang anda gunakan

  • henda setyawan

    selama ini saya pikir jonru itu tukang fitnah, ternyata saya salah.
    dia hanya bodoh

  • dodol

    hahaha.. ini artikel guyonan! tolong jangan tanggapi serius. kalo ini artikel serius, antara author mabuk atau bego.
    sekolah lagi ya arman.. 🙂 saran: lain kali bisa bikin ilmu tandingan (ipa tandingan, ips tandingan, bahasa indonesia tandingan) jangan cuma logika tandingan.. butuh hiburan nih..

  • Iskandar Idris Maksum

    assalamualaikum warohmatullahi wabarokaatuh…

    1.. ungkapan anda yg mengatakan “inilah logika yg gak akan dipahami oleh otak bebal kalian…” menyiratkan bahwa anda adalah orang yg angkuh. dan membuktikan bahwa anda bukanlah orang yg mengindahkan kaidah2 agama.
    2. pandai sekali anda membuat kalimat dan kesimpulan kamuflase pembelaan buat jonru. dgn perumpamaan yg ngawur dan asal asalan. Misalnya..ketika jonru mengatakan tdk ada kementerian agama dlm kabinet jokowi (dan ternyata terbukti ada) lalu anda mengatakan jonru bukan fitnah karena dia TIDAK TAHU. enteng sekali! pertanyaan saya….kalau tdk tahu mengapa berkoar2 tntang kementerian agama seolah2 lebih tahu? kenapa tdk diselidiki dulu oleh jonru? kalau sdh begitu itu namanya apa? sepertinya antara ‘fitnah dan tdk tahu’ jadi beda2 tipis kalau dilogikan dgn kesimpulan anda itu. enteng sekali…semaunya sekali membuat kesimpulan
    3. sama seperti halnya dgn berita yg disampaikan jonru (dari temannya) bahwa…jokowi naik garuda memboyong paspampres dan wartawan, memakai pintu VVIP dan mengakibatkan jadwal penerbangan terganggu. danketika ternyata tidak benar adanya, masih dgn seenaknya anda menyimpulkan kalau dgn penyampaian itu jonru bukan fitnah karna ia menerima berita palsu dari temannya. lagi2 logika yg seenak perutmu.

    Pertanyaan saya…ANDA BELAJAR AGAMA TIDAK?? anda bisa ndak membedakan, ghibah, fitnah, bergunjing, mengumpat, mencela atau apapun yg di larang dalam islam?? dan anda masih mencoba membela sesuatu yg anda analogikan dgn perbandingan ngawur dan seenak perut. pesan saya…pelajari alqur’an dan hadist lebih dalam agar anda tdk keliru mengatakan yg salah menjadi benar begitu juga sebaliknya…terimakasih..

    • henda setyawan

      gan, baca pelan2.
      saya rasa anda belum mengerti maksud dari penulis

    • detroid

      banyak membaca aja mas, biar maksud dr penulis bs di pahami. salam 🙂

    • Tigor Napitupulu

      minum obat dulu sana

    • harisfadhillah

      baca lagi
      dan berusaha fahami

    • Ranzick Xevent

      sepertinya ada yang butthurt… pendukung jonru yah? :v

    • ary cahya

      mas iskandar ini sbnrnya juga lagi bikin komen sarkas utk tulisan sarkas di atas gitu loh

    • Triatmoko NJ

      Mas Iskandar Idris, ini penulis menggunakan banyak sekali majas untuk menyindir Jonru, situ baca bener-bener dan belajar berbahasa Indonesia dahulu sebelum mengambil kesimpulan. Dengan semua logika berpikir Jonru yang remuk, penulis menghadirkan tulisan penuh sindiran terhadap Kakak Jonru yang blangsak ini… Mari dibaca perlahan dan tidak perlu menuding orang belajar agama atau tidak dalam konteks ini. Salam.

      • adi

        @mas Triatmoko NJ sy sepakat penulis ini orang hebat.

    • danking

      serius bingits gan komentnya… sana cuci muka dulu!

    • Justsmile

      Gagal Paham Dia kwkwkwkw

    • Guest

      hahahahahahhahaha .. sarkasme gan sarkas..

    • Heri Purwoto

      haha.. benerr… gagal paham kieee…perbanyaklah nonton kartun….

    • setiawan prakoso

      mungkin dia cuman baca judulnya doang huehuehue 😀

    • PEA

      inilah contoh org gila akibat gagal jd ustad ap2 jd slalu bw agama. kl bw agama sno geh k palestine biar ente modyar wkwk. belajar baca berita yg bnr dlu om yg bnr br khotbah.PEA

    • Pandaren

      Mas, banyakain baca buku pelajaran bahasa Indonesia kelas 5 SD sampai 3 SMP deh.. biar tau apa itu majas, sarkasme, dan temen-temennya.. Tiwas nulis banyak, ngabisin bandwidth, eh komennya salah alamat… nyahahaha…

      • tiwadak

        nah buhan palui cungul. hahaha

    • mooglemaniac

      pak, anda bertanya kepada orang lain belajar agama atau tidak. saya bertanya balik, anda lulus SMA atau hanya lulusan SD?

      menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia fitnah /fit·nah/ n adalah perkataan bohong atau tanpa berdasarkan kebenaran yg disebarkan dng maksud menjelekkan orang (spt menodai nama baik, merugikan kehormatan orang) http://kbbi.web.id/fitnah

      lah sekarang, kalau ada kalimat “perkataan bohong atau tanpa berdasarkan kebenaran” berarti yang mengungkapkan sudah mengeti dan memahami kebenarannya. kalau tidak tahu itu apa? ya ngak tahu gitu aja. belum lagi ini penulis berisikan banyak sarkasme dan sindiran yang mengacu bahwa JONRU ITU SOK TAHU DAN PEMBUAL (http://kbbi.web.id/bual-2). anda sudah belajar beragama, itu baik. tapi anda belum bisa belajar berfikir agar keagamaan anda itu bisa berguna lebih baik dalam kehidupan anda. Pak Iskandar Idris Maksum, belajar dong~ #MerengekAlaJARWO

    • Telor Ceplok

      kayaknya komentar ini sarkas juga deh 😀

    • kadut

      udah solat sana gih. jgn serius2 #gagalpaham.com

    • JBT48

      friendly fire, friendly fire

    • Antario Terryandana

      Om…baca ini dulu om…

      http://en.wikipedia.org/wiki/Sarcasm

    • budi-skripsi

      Setuju banget dg tanggapan pak Iskandar. Saya gak pengen berpikir jelek nehh… tapi muncul terus: jangan2 sampe misalnya jonru itu ternyata orang yg dikirim ut ngerusak citra Islam. kayak agen ganda… moga2 nggak yah.

    • Lili Lestari

      waduh.. tersesat dia. pak penulis, mbok ya bahasanya dibikin bahasa awam gitu kyk di sinetron, pasti pd ngerti hehe..

  • VALENT

    LOGIKANYA itu dipake GOBLOK..

    “membagi apa yang dia anggap benar”

    dengan mencari cari kejelekan orang lain.

    berstatement itu MIKIR COY jangan ASAL..
    pengikut NABI JONRU ga punya otak semua

    • henda setyawan

      dibaca lagi gan, pelan2.
      bukan itu maksud si penulis

    • detroid

      GOBLOK. LOGIKANYA itu dipake

      “membagi apa yang dia anggap salah”

      dengan mencari kebenaran orang lain.

      ASAL berkomentar itu MIKIR COY jangan berstatement
      bukan pengikut NABI JONRU punya otak semua

    • Fauzan Salasar

      otak gw terasa makin idiot baca komen ini

      • Yocki Kay

        iya hahahaha

  • Octhaviany Prihatini

    Aduh pusing pala barbie :ngakaks:

  • Lista Hendrik

    Pusing pala barbie

  • dimaz julio

    sebenernya udah jelas banget si ts nulis di paragraf pertama.
    Melalui berbagai kecaman, saya pikir kita telah berlaku tidak adil kepada Kak Jonru. Ia dituduh tukang fitnah, pendusta dan penyebar kebencian, padahal yang ia lakukan hanya sekadar berbagi, BERBAGI APA YANG IA ANGGAP BENAR.
    bukan si ts bukan gue bukan yang nge bully bukan yang demen ame jonru. wkwkwkwk

  • Wong Gendeng

    ini adalah hasil dari silogisme jonru juga…..
    premis satu : istri jonru bukan pereks/lonte
    premis dua : pereks/lonte itu bukan hantu
    kesimpulan : kalau bukan hantu kenapa istri jonru nggak jadi pereks/lonte aja….
    logika gila….. logika gendeng…… logika goblok…..
    jadi heran nih…. kok masih banyak orang yg suka sama si jonru ini…. padahal tulisanya nggak ada baiknya sama sekali….

    • henda setyawan

      njrit keras

  • orang pintar

    kalau gw bilang lu sekeluarga idiot. nyokap lu perek.
    gw ga salah donk? kan gw ga tau.
    yang disalahin ya nyokap lu kenapa ga ngasi tau gw.
    ada2 aja lu tong. kyknya otak lu bukan dikepala. inget gw ga tau ya. jadi jangan salahin gw ngetik gini. gw juga ga fitnah..gw cuma ga tau aja.

    • Ghoest

      Kata2 yg cakep itu bro,,,,
      Lanjoooot,,,,, hahahaha!!

  • orang pintar

    Dengan logika tandingan yang dibuat oleh Kak Jonru, maka silogismenya akan lain. Contohnya begini:
    Premis 1: Quraish Shihab bukan syiah.
    Premis 2: Syiah tidak sesat.
    Kesimpulan: Kalau tidak sesat kok tidak mau jadi syiah?

    LOGIKA ini lu pake?
    Premis 1: Jonru bukan provokator
    Premis 2: provokator tidak akan membawa persatuan indonesia.
    kesimpulan. kalau tidak membawa persatuan indonesia. kenapa tidak mau disebut provokator?

  • hary

    ok saya coba telaah kata2 di atas ya
    “Ia dituduh tukang fitnah, pendusta dan penyebar kebencian, padahal yang ia lakukan hanya sekadar berbagi, berbagi apa yang ia anggap benar” tanggapan : yang di anggap benar belum tentu benar.. karena cuma anggapan doang.. apalagi ngga di dukung bukti2 yang kuat.. hoax namanya..

    “Pemfitnah adalah orang yang sadar bahwa apa yang ia katakan dusta, tapi
    mengatakannya sebagai kebenaran. Namun jika ia tidak tahu apa yang ia
    katakan, ya bukan fitnah namanya, itu artinya bodoh. Masa logika kayak
    gini saja tidak paham?” “Atau ketika kak Jonru bilang bahwa tidak ada Kementerian Agama di
    pemerintahan Jokowi tapi nyatanya ada, ya ini bukan fitnah namanya.
    Hanya belum tahu saja, tidak usah dibesar-besarkan.” kesimpulan : berarti jonru BODOH!! “tidak usah dibesar-besarkan”

    heran udah tau orang bodoh kok masih punya pengikut dan pembela..

  • Arif Nur Rahmann

    anjirrr sarkasnya alus banget. wakakkakakaka

  • Juragan Iwal

    Sepertinya dia lapar

    Beri dia teflon

  • Nanonano Zip

    hehe… asyik ni tulisannya…. bookmark ah…. 🙂

  • Fariz Tantowi

    Premis 1: jonru bukan anjing
    premis 2: anjing tidak cengeng
    kesimpulan: kalo jonru tidak cengeng kenapa tidak mau di sebyt ANJING!!!

  • Menjonru

    wah logika gemblung..
    pasti prosesor di otaknya Made In Cina.

    eh Made In Jonru xD

  • Stallone Duro ♂

    Ga tau arti fitnah ini yg buat web.
    JELAS KAN DULU PENGERTIAN FITNAH.
    “padahal yang ia lakukan hanya sekadar berbagi, berbagi apa yang ia anggap benar.”
    Kan hanya anggapan dia yg benar. tapi tidak menurut org lain.
    Apa itu tidak fitnah ??
    Tanpa di sertai bukti bukti yg konkret.
    Andai kata gw blg lo pembunuh, tapi gw ga ada bukti.
    Apa itu ga fitnah ??
    Menurut gw apa yg gw bilang itu benar, kalo lo pembunuh

    • aramadhani

      … facepalm

    • Fikri Pratama

      makanya tulisan ini sarkasme… coba baca sampe selesai… lucu gan 😀

    • Natanael H

      kebiasaan.. makanya baca dulu sampe selesai jangan asal komen.. ato mungkin udah baca sampe akhir tapi ga ngerti kalo ini sarkasme…

    • tata

      baca dulu baru komen bedhuuul

  • Stallone Duro ♂

    Ya bisa gw simpulkan. Yang buat diskus ini. Orang yg sebenar nya pintar, hanya saja otak nya lgi kagak di pake.

    • hary

      otak nya udah di pindah ke dengkul bro.. doain aja supaya TS nya ga kepentok dengkulnya.. takut gegar otak

  • doflaa

    gak mau ikut-ikutan ahh, takut salah bicara yang nantinya mendatangkan aparat….atuuuttt :p

  • danking

    awas gan.. mr. jon ini orangnya gak ‘asyik’ diajak maen. ora sembada! seenak wudelnya ngefitnah tapi kalo kalah debat terus dibully dikit, eeh.. lapor polisi dia.. capee deh!

    • hary

      betul.. setuju.. padahal orang yg di fitnah jonru.. ga pernah tuh lapor polisi..

  • Wong Fei Hok

    wkwkwkwkwkwkw….. hebat sekali tulisan bung Arman Dhani ini,,, Ksimpulannya adalah : Jonru bukan pemfitnah, tapi ngeshare yang dia tidak tahu, orang yang asal ngeshare, ya 11-12 lah dengan O2N….

  • Bravia Aja

    Penalaran BODOH ini

  • Rahmat Husnia

    jonru pura2 jadi muallaf …belajar agama islam buat menghancurkan dan mengadu domba umat islam….

    • danking

      logika jonru jangan dipake mbak… gak nyambung!

  • HARDIANSYAH EL SHIRAZY

    Wakakakakakakakzzz…..rekan-rekan semua yang komen disini gak usah marah, atau sewot….jangan pedulikan judul tulisan di atas….luangkan waktu membaca tulisan di atas dengan fokus…tenang..dan fahami….sumpah maka kalian akan tertawa deh…..jonru…jonru…kesian ya tuh orang….moga akal fikiran nya di kembalikan ke arah yang sehat lagi, amiinn…..

  • Lu olang mana bisa pintel kalo bacanya jonru, piyungan, voa,…

  • Adon L Skide

    grab your popcorn…

  • ignatius

    Ini tulisan satire terlucu yang aku baca… hahaha,

  • Alfa Omega

    Hidup kak Jonru… Lanjutken, masih banyak hal yang membutuhkan belaian otak anda yang sungguh aduhai itu, Para Jonru Mania pasti termehek-mehek mengikuti Anda, Sang Imam Alay penyelamat dunia, hahahahahaha….

  • marcellous

    semangat kak jonru, banyak penemuan baru yg harus kakak sebarkan. semangat sampai titik dengkul penghabisan

  • Puthu Akbar

    Mungkin dia lapar 😀

    wk wk wk

  • behero

    Cerdas & tajam. Setajam silettt….

  • Teguh Galih Budi Prasetiyo

    “kasian kak jonru dianggap tukang fitnah”
    dia salah… harusnya…
    “kasian kak fitnah dianggap tukang jonru”

  • Try Adi Wibowo

    setelah fart-hat-a-bass, nongol lagi orang yang mirip. si Fitnah.
    Inget om Fitnah, jonru itu lebih kejam dari pada pembunuhan.

  • Otak yg kayaknya pindah

    Saya nda tahu apa memang otak saya dah pindah ke dengkul atau karena sudah membaca tulisan ini.
    hihihi

  • Arry

    Muahaha… siapa juga yg mau punya pemikiran kek jonru. Disuruh bayar pula. Mabok nih orang.

  • saya… merasa IQ saya turun 50%…

  • Radite Pramudito

    Bagus artikel ente… Bagus utk dibuang ke septictank!
    Mengupas jonru dg kemasan apik dan menutup busuknya!
    Drpd ente capek2 nulis artikel ini mending jd agen asuransi ato MLM

    • Yocki Kay

      sarkas mas

  • Eko Prasetyo Setiadi

    Entah kenapa saya merasa penulis ini dan jonru akan cocok sekali dengan vicki si “kontroversi hati” #kontroversiotak

  • Agus Saputro

    udah di baca semuanya ternyata ujungnya ngajak ikut seminar, Jiaahh. Yakin kalo ada model logika seperti itu harusnya bisa dapet Nobel, Walo ngakunya Jonru itu Universalitas tapi kayaknya gak mungkin, pertama gak mungkin dapet dan kedua Gak mungkin mau dateng soalnya Nobel kan dari orang kafir.

  • Margaretha Quina

    HAHAHAHA kalo dgn logika jonru, tulisan sarkas = dokumen historis kali ye. tiati mas ntar tulisannya dicomot jadi BUKTI PEMBELAAN terhadap jonru!

  • Adhie Chaniago

    Meringding bacanya… plus terharu… (“,)

  • Abu Arjuno

    saya protess!!!! silogisme tandingan ini telah terlebih dulu ditemukan anakku ketika berumur 14 bulan
    ini buktinya :
    https://www.facebook.com/aris.setiawan/posts/2641808368762
    analogi menurut kevin (14bln) :
    + kerupuk itu kalau dikunyah kriuk2
    => berarti semua yg dikunyah kriuk2 adalah kerupuk, termasuk keripik, emping bahkan bawang goreng 🙂

    mohon penulis untuk meralat tulisannya, saya tunggu sampai 1x24jam, kalau tidak diralat saya laporkan polisi.

    • Ronnie Yazid

      jlebbh

  • Kirana Quintya

    tak bs kita pungkiri jonru adalah sebuah fenomena alam.ibarat lagu benci benci tapi rindu.disatu sisi kita sangat membenci komentar2 tololnya yg mengandung fitnahan tapi disisi yg lain kita dengan setia menunggu komentar2 tolol berikutnya utk kita bully…wkwkwkwk

  • sophia

    ngomong apa sih nih orang…setuju dengan komennya saudara vivi…

  • Elang Harjuna

    Masih ada saja orang-orang, baik pendukung mau pun haters Jonru, yang mengira bahwa tulisan ini benar-benar membela Jonru. Bangun woooi….wahai manusia biasa berotak bebal nan medioker!!!!!

  • Telor Ceplok

    sudahlah…. jangan kalian menjonru orang lain kalau tidak ingin dijonru

  • Longgam Panjaitan

    Hahahaha…..hati2 pening bahh…

  • Thomas Pras

    ha hah, satir kelas wahid .. 😀

  • Arif Diamanta

    Habis baca ini tadi rasanya pas berak, otak saya jatuh ke lubang WC. :p

  • Denni Ibenk Ramdhani

    HAHAHAHAA PARAH DUHH J.I.L KAU.. FAAKKKK….!!!!!

  • ali

    menJONRU lebih kejam dari memBUNUH

  • Titis Mulyo

    Halah….tiwas terlalu serius mbacanya…kalo jadi workshop jonru aku mau daftar ikutan…. 1 jt juga mau bayar kalo aku ada (merasa) punya waktu.

  • Mas Harry

    hush..hush..hush…dilarang menjonru disini :v

  • myobokuzan

    Saya mbaca 1-2 paragraph aja udah turun IQ saya 10 poin. Terpaksa saya berhenti sebelum jadi embicil

  • YoPs

    Sumpeh ane kira ente mau ngbelain Jonru lewat tulisan ini, tong
    Gw kira cuma gw yg ngerasa kalo cara pikir ‘kak’ Jonru itu bermasalah & logika nya kebalik2

  • Soliter Spieler

    Setelah mbaca tulisan ini kok saya merasa bersalah pd kak Jonru ya. Hehehe

  • Julius Hadyanto

    “Harus cepat mendaftar, karena workshop jurnalistik Kak Jonru yang terakhir sampai dihadiri sepuluh ribu orang.”
    hahahaha

  • Pelor

    Aah.. Gimana sih, baca judulnya udah siap mau maki-maki jebule malah ngakak!

  • Doni Andreas

    wah kudu minta maaf ama om jon nih 😀

  • budi-skripsi

    Coba ngikuti logikanya si Jonru ah…

    Premis 1: Arman Dhani (penulis artikel ini) bukan perempuan.
    Premis 2: Perempuan tidak jahat.
    Kesimpulan: Kalau tidak jahat, kok Arman Dhani tidak mau jadi perempuan???
    Hayoooo..! Hahahaha…

  • Okta

    Setuju, Jonru memang tidak memfitnah, dia memang bodoh.. Ya Tuhan, terima kasih sampe di link ini yg bikin wawasan saya terbuka tentang Jonru. Berarti Jonru itu ndak pantas disalahkan ya, cuma dikasihani..

  • grace

    Makanya itu kalau gak tau gak usah berkoar koar.. fitnah itu adalah sesuatu yang kamu ungkapkan yang berlainan dengan apa yg menjadi kenyataan. Jadi sebelum menjadi fitnah dicari tahu dulu baru berkoar, biar gak asal bunyi~ kalo sekolah bukan otak aja yg disekolahkan, mulut jugaa~ biar mulutnya gak kayak pantat bebek asal berkoar tapi gak tau apa apa

  • Ghoest

    Buang2 waktu aja baca ketikan diatas!!
    Sini Debat ama gue aja lu jooonn,,,,,,
    Klo ngomong sembarangan gue rajanya,,,, wkakakakampreeet!!

  • canngcuttt

    awkwwkk…dodolll….artikel apaan coba…koplokkkk tehhhhhh ….awkwkwk

  • tata

    hahahahahaha. jonru yah. harusnya ya dia tuh jangan patokan sama media saja. harusnya ya turun langsung ke TKP. supaya tau kejelasanya. kadang dari PKS piyungan pun masih samar beritanya. udahalaah jonru mending ngurusin dapur buku saja. Anda lebih valid beritanya soal keadaan orang yg kurang mampu tetapi punya keinginan usaha yang besar. jangan mentang mentang berita yg berbau islami di telen dalem dalem aja tanpa mengetahui isi kenyataan dari beritanya.

  • disan

    Mas penulis coba replace di tulisannya semua kata Jonru jadi quraish shihab dan sebaliknya, trus baca kembali deh..

  • Guest

    ibu si penulis ini PSK nya anjing ya ? bukan ? ya maaf yaaa, ak g tau

  • pocongsenyum

    yaaaah memang sepertinya dengkul sy pindah ke otak… sy yang bodoh apa yang nulis ya yang bodoh ….hmmmm

  • Sidik Nur Fajri

    kebanyakan baca premisnya jonru jadi gini ni orang..
    semoga yang komen dan baca ini otaknya tidak ikut pindah kedengkul, apa lagi tumit, kasian otaknya di injek2..
    aamiin

  • ga paham ane,…. pusing dahh.

  • Rheza Satria Ryadenata

    kalo saya bilang admin nya idiot..saya ga fitnah dong, cuman bilang gatau aja..saya juga bebas menyatakan pendapat kan hehe, tulisan ini nampaknya sangat sangat menyindir tokoh jonru, nampak membela, namun sekaligus menjatuhka 🙂

  • welly

    Andai si kakak jonru tau kalau Islam itu agama yg Rahmatan lil alamin. Rahmat untuk semua alam semesta. Bukan menimbulkan pertikaian dan perpecahan antar umat.
    Saya baca beberapa artikel si kakak itu,, Masya Allah banget yah… belum jelas kebenaranya udh disebar sebarin.
    Saya sih cuma mau tanya dan mohon tanggapanya.
    Misal : si A membawa berita bohong ke si B. Si B bilang ke si A bahwa dia melihat si C dan si D Berzinah. Kemudian si A tanpa mengecek kebenaranya menyebarluaskan ke penjuru antero jagad raya.
    Pertanyaanya :
    1.apa yang terjadi setelahnya?
    2.terus kalau dikampung itu terlanjur menghakimi si C dan D. Padahal mereka ga melakukan hal yg dituduhkan. Si A dan si B ini dapat pahala karena berhasil menginformasikan atau yg disebut “berbagi informasi” oleh TS? Atau malah sebaliknya … dosa fitnah.. ya yg bersangkutan lebih tau lah dosanya?.

    Saya jujur saya juga kecewa dgn kepemimpinan jokowi akhir akhir ini. Atau mungkin system di Indonesia sudah luar biasa bobroknya. Sehingga memang siapapun yang masuk akan terbawa dan yg terlalu idealis terpental keluar.
    jadi saya kira mbaknya yang posting lebih hati hati kalau menyebarkan berita.

  • Genjerkangkung

    Jangan salah paham dlu, kak Jonru itu genius, dia salah satu alien dari ufo yg muncul di monas…..

  • rani

    udh ngakak abiss nihh bacanya wkwkwk..

  • Dave Davidoff

    Logikanya Jonru betulll………………..betuull koplaaxss

  • andi

    yg komen dangkal2 semua
    ga bisa ngebedain sunni vs syiah sama nu vs muhammadiyah vs pks vs HT vs dll

    jadi males gua ngirim tulisan ke mojok.co kalau isinya orang2 cetek gini

    • andi

      atau ngebedain JIL vs muhammadiyah + NU + PKS dll
      gua bukan org PKS, kenal bang jonru juga engga. Tapi gua malah jadi tertarik ma bang jonru…

  • Aldila Himawan

    duh gusti… ndaskuuu~ XD hahahaha. kudu sinau filsafat tenanan iki ben gak di bujuki jonru #eh biar bisa membela kak jonru ding~

  • kurniawan adi utomo

    sarcasm at its best. salute

  • Jonru Gunting

    Kalian tega banget dengan saya.. :'(

  • fahri

    Salam buat Quraish Shihab, kapan nih ajakin Najwa Shihab pake jilbab…
    Oh iya lupa jilbab itu gak wajib yah menurut profesor yang udah nulis 50 buku, tentunya ilmunya lebih tinggi daripada saya yang cuma pedomannya dari Al Quran

    “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu, dan isteri-isteri orang mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka, yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan ALLAH adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”
    (QS. Al Ahzab : 59)

  • Aldi Enrus

    sembah dewa jonru… ululululu
    *sungkem

  • Edoardus Agni Damar Prehapsaka

    Nice sarcasm dude!

  • darko

    Hi hi hi silogisme jonru ini produksi waktu dia masuk grogol karena salah minum obat kayaknya. Kalau bukan kucing mau dong dipanggil ayam. Tapi bray ana itu angsa masa dipanggil ayam

  • @fud

    Hmmm…sedang ngomongin saya ya?jgn gitu dong…
    Maaf lho sy ga mitnah,krn sy ga tau…

  • Dr. Raffi Salman

    Artikel paling ngaco yang pernah saya baca. Tiba-tiba otak saya dipaksa untuk kopong dan tercecer berantakan semua metode susunan berpikir saya ketika membaca tulisan diatas… wkwkwkwk

  • Batara Sangpangarep

    kkk

  • Pingback: FPI Boikot Twitter? Saya sih Yes | Mojok()

No more articles