MOJOK.CO Diduga, jurusan kuliah ini pun akan tetap digilai bahkan kalau paspampresnya Presiden udah berupa robot sekalipun.

Konon, dalam kehidupan manusia, ada yang lebih bikin bimbang dan ragu selain perkara menentukan mau makan apa bareng pacar: memilih jurusan kuliah.

Seenggak-enggaknya, tentu kita berharap bakal mempelajari bidang atau jurusan kuliah yang “aman” alias bakal tetap dibutuhkan, apa pun yang terjadi, meski—misalnya—minyak kutus-kutus menguasai dunia atau selebgram bersatu dan membentuk Partai Selebgram Nasional yang mendelegasikan Awkarin sebagai salah satu calon wakil rakyat di Senayan dengan program kerja berupa giveaway uang tunai di Twitter. Yah, namanya juga misalnya.

Berdasarkan kontemplasi dan riset yang nggak wah-wah amat, Mojok telah mengumpulkan 5 program studi atau jurusan kuliah yang telah teruji ketangguhannya. Artinya, sejak zaman jebot hingga hari ini, jurusan-jurusan ini tetap banyak diminati dan lulusannya dibutuhkan di tempat kerja. Diduga, jurusan kuliah ini pun akan tetap digilai bahkan kalau paspampresnya Presiden udah berupa robot sekalipun.

1. Ekonomi

Apa pun yang berhubungan dengan keuangan, seperti ekonomi dan akuntansi, seperti mutlak menjadi jurusan kuliah yang wajib ada di seluruh perguruan tinggi. Yah mau gimana lagi, kita ini kan hidup untuk uang di  tengah gempuran kebutuhan hidup yang berkembang terus-menerus. Menjadi ahli keuangan tentu jadi nilai lebih, selain karena bakal selalu ada perusahaan yang mencari lulusan jurusan ini.

Baca juga:  Kitab Kuning dan Alasan Kenapa Kita Seharusnya Tak Jadi Umat yang Kagetan

2. Kesehatan

Pernah lihat rumah sakit sepi? Sama, saya juga nggak. Artinya, orang sakit bakal ada dan selalu ada, menjadikan dokter, perawat, farmasis, dan praktisi kesehatan lainnya selalu punya bidang pekerjaan. Bukan bermaksud nyumpah-nyumpahin nih, tapi kesehatan itu kan akan selalu berhubungan dengan tubuh kita masing-masing. Sampai sini ngerti, kan, kenapa jurusan kesehatan selalu jadi favorit?

3. Pendidikan

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, sekaligus tanpa tanda-tanda berhenti karena nggak akan diperlukan lagi. Nyatanya, dari zaman Sekolah Rakyat sampai Sekolah Menegah Atas yang murid-muridnya mulai demen ngegodain gurunya sendiri pakai gombalan ala aplikasi Tik Tok (“Pak, mundur dikit dong, soalnya Bapak gantengnya kelewatan.”), profesi sebagai pengajar memang nggak ada matinya. Artinya, jurusan kuliah memang akan selalu berguna dan dibutuhkan.

4. Hukum

Legal officer menjadi sebuah profesi yang bakal dibutuhkan setiap perusahaan—dan bisa dipenuhi oleh lulusan jurusan kuliah yang satu ini. Kamu juga bisa mempelajari lebih banyak soal pidana, perdata, hingga tata usaha negara, filsafat hukum, dan kriminologi. Keuntungannya, kamu akan berpeluang menjadi the next Hotman Paris dan bisa bikin twit intelek soal hukum kalau lagi ada debat SJW soal aturan-aturan pemerintah yang kadang ngaco dan ngeselin.

5. Ilmu Komunikasi

Berada dalam jurusan yang satu ini adalah ilmu-ilmu program studi seperti jurnalistik, manajemen komunikasi, dan hubungan masyarakat. Menurut Hotcourses, ilmu komunikasi merupakan ilmu yang “tiada ujungnya” karena tren komunikasi dan teknologi selalu berkembang. Artinya, jurusan kuliah ini pun mau nggak mau harus dinamis dan fleksibel, alih-alih kaku kayak pemerintah kanebo kering.

Baca juga:  Pak Jus Badudu: Utang Negara itu Dilunasi, Bukan Dicicil

BACA JUGA Jurusan Kuliah Favorit dan Kesombongannya Soal Prospek Karier Masa Depan atau artikel Aprilia Kumala lainnya.



Tirto.ID
Loading...

No more articles