resolusi 2020 cara agar berhasil sukses anti gagal rekomendasi isi list tips mojok.co
resolusi 2020 cara agar berhasil sukses anti gagal rekomendasi isi list tips mojok.co

Ya Allah, Semoga Resolusi 2020 Tidak Gagal Lagi kalau Pakai Tips Ini

MOJOK.COSekaranglah saatnya, Kawan-kawan, resolusi 2020 tidak boleh kembali gagal. Apa gunanya menonton kembang api jika api perubahan dalam diri kita sendiri tak pernah dinyalakan.

Walau kita semua sama-sama tahu sebagian resolusi itu cenderung akan gagal, jiwa optimisme harus tetap dikibarkan layaknya bendera setengah tiang di tanggal 30 September.

Lalu gimana caranya agar resolusi terwujud menjadi kenyataan? Ini tipsnya.

Cara mewujudkan resolusi 2020 #1 Tuliskan resolusinya dulu dongs


Saat terbaik menuliskan resolusi adalah dalam renungan malam gelap ditemani sebuah lilin yang menyala. Boleh juga menuliskannya di atas kertas dengan pena bambu jika Anda adalah generasi Y yang masih sempat keranjingan Tutur Tinular.

Menuliskan resolusi adalah cara terbaik kita mengingat kembali. Jika di pertengahan 2020 kita kembali malas untuk mewujudkan resolusi, buka catatannya kembali sambil mengingat betapa mantapnya hati ini ketika menuliskannya dulu.

Cara mewujudkan resolusi 2020 #2 Bikin tutorial untuk mewujudkan resolusi tersebut

Setelah menuliskan resolusi, akan menjadi semakin realistis jika dituliskan beserta tutorial buat mewujudkannya. Hal ini sekaligus memberi petunjuk realistis agar semua yang kita harapkan bisa benar-benar tercapai. Kalau cuma menulis deretan daftar keinginan, namanya bukan resolusi tapi ngisi diari. Bahkan kalau perlu, tulis sekalian doa-doa agar malaikat bisa mengucapkan amin paling dari sekarang.

Cara mewujudkan resolusi 2020 #3 Resolusi yang berlebihan jangan ditulis

Baca juga:  Belajar Dialek Bahasa Jawa yang Jogja Banget pakai Ilmu Tajwid

Kalau resolusinya hanya berisi angan-angan hampir mustahil seperti menikahi Nicholas Saputra atau menjernihkan Sungai Ciliwung, sebaiknya lupakan saja. Resolusi berlebihan yang hampir tidak akan terwujud malah mencemari resolusi lain karena kita ujung-ujungnya jadi pesimistis. Sadar dirilah kalau ada beberapa hal yang memang diciptakan untuk dilabeli dengan kata “mustahil”.

Semakin realistis resolusi, semakin baik. Ingat-ingat saja, kalau daftar resolusi adalah daftar belanjaan yang satu per satu perlu dicentang ketika sudah “terbeli”, maka ketika cuma membawa uang Rp500 ribu, buat apa menuliskan tivi LED 49 inch di daftar belanja.

Cara mewujudkan resolusi 2020 #4 Fokus pada perubahan kebiasaan

Sebuah kesalahan besar ketika resolusi yang ditulis adalah daftar tujuan yang cuma ingin memancing kita termotivasi. Lebih baik jika daftar resolusi juga berisi soal perubahan kebiasaan dan komitmen serius untuk memulainya. Menuliskan resolusi tanpa ingin mengubah kebiasaan hidup sama saja dengan ungkapan sayang cowok fakboi yang cuma mau mantap-mantap tanpa benar-benar serius menjaga perasaan. Kan, bangkai.

Cara mewujudkan resolusi 2020 #5 Merelakan kenikmatan rebahan di hari kerja

Memang membanggakan jadi kaum rebahan, santuy tanpa tekanan sehingga menolak hidup sebagai manusia vertikal. Tapi merelakan kenikmatan rebahan adalah harga yang harus ditukar dengan keberhasilan resolusi. Revolusi memang tidak terjadi di tempat tidur, begitu juga dengan resolusi.

Baca juga:  Bagi-bagi Uang Kok Cuma Ke Koruptor dan Pengangguran, Ke Semua Orang Sekalian Dong!

Maka di hari kerja, lupakan rebahan sejenak dan maksimalkan waktu untuk wujudkan resolusi. Ingatlah tulisan-tulisan penyemangat di tembok SD dulu, “Hemat pangkal kaya, rajin pangkal pandai,” sampai kata-kata itu berubah menjadi “Malas pangkal gagal resolusi” di pikiran kita. Eh, kecuali jika resolusinya adalah tidur 12 jam sehari sepanjang tahun, tentu ini tidak berlaku.

Cara mewujudkan resolusi 2020 #6 Sebarluaskan resolusi

Resolusi bukan daftar aib yang ketika disebarluaskan bakal jadi lapak baru hujatan netizen. Sebarluaskan resolusi ini ke seluruh penjuru negeri. Ceritakan pada kawan-kawan yang suka meremehkan, pada orang tua yang kadang nggak percaya, serta pada mantan sebagai modus balikan. Semakin banyak orang lain tahu resolusi kita, semakin malu kita untuk malas-malasan mewujudkan.

Suatu saat kalau kita punya resolusi ingin menyelesaikan skripsi di 2020 tapi tak kunjung terwujud, si kawan nyinyir bakal memberikan sindiran keras yang bikin hati jadi kebas. Lalu dalam lirih, kita pun bergumam pakai nada Naruto, “Sial, tidak akan kubiarkan! Aku harus menyelesaikan skripsi dan tanggung jawab besar ini!”.


Jika kawan nyinyir tak mempan, cobalah unggah resolusi ke Instagram. Konon, netizen adalah spesies yang paling nyinyir yang pernah hidup hingga sekarang. Harapannya, kata-kata menyakitkan mereka bisa jadi cambuk keseriusan kita buat mewujudkan resolusi.

BACA JUGA Lima Resolusi Tahun Baru yang Paling Sering Gagal dan artikel menarik lainnya di rubrik POJOKAN.