MOJOK.CO Bukan rumus matematika, X Æ A-12 yang trending itu adalah nama bayi Elon Musk yang baru dilahirkan. Haduh, petugas catatan sipil bakal pusing kalau begini.

Orang-orang menyebut Elon Musk seorang enterpreneur, sementara bagi saya Elon Musk seniman di antara deret sains dan teknologi. Sebagai orang kaya, Elon cukup nyeleneh dan kelewat nyentrik untuk sekadar bikin mobil Tesla terbang mengitari Saturnus dengan lagu David Bowie yang diputar sepanjang masa. Kapan lagi lihat orang kaya yang kepintaran dan uangnya dihabiskan untuk ‘membeli’ selera humor kalian?

Setelah berbahagia melahirkan anak dari istrinya, Grimes, Elon Musk ngasih bocoran nama bayi cowoknya yang sebenarnya orang awam nggak bakal bisa mengeja. Bahkan jujur saya aja ngetiknya susah bos, antara kesal sama pengin ngasih jempol ke lawakan Elon Musk yang satu ini. Nama bayi Elon Musk yang baru lahir adalah X Æ A-12.

Jadi beneran ya namanya emang X Æ A-12, ngomong-ngomong itu bukan rumus matematika tapi kode-kode yang bikin pusing. Orang-orang jelas bingung buat mengejanya, saya yakin sekarang Elon Musk dan Grimes lagi ngakak baca spekulasi orang-orang sedunia. Tapi mereka akan pusing bikin akta kelahiran anaknya sendiri.

Grimes sebenarnya sudah ngasih penjelasan tentang filosofi di balik nama anaknya. Tapi jujur aja, kurang mencerahkan dan kita butuh lebih dari sekadar penjelasan singkat. Misalnya, mereka berdua menjelaskan kek bagaimana perdebatan mereka pas milih nama, bagaimana tanggapan mertua yang jelas nggak akan setuju, ditambah muatan ngawur soal cerita kenapa akhirnya memilih X Æ A-12 sebagai nama.

Ndilalah banget mereka hidup di Amerika dan sesekali di Kanada, bisa jadi kedua negara maju ini mau menerima perubahan kode-kode nama nyeleneh yang bahkan nggak masuk akal begini. Kalau di Indonesia, petugas catatan sipil bakalan mencak-mencak dan memilih pensiun dini melihat keruwetan yang tampak nirfaedah begini.

Saya yakin kalau si X Æ A-12 masuk SD, pak guru Oemar Bakri bakal kesulitan ngabsen. Alih-alih manggil muridnya satu demi satu, dia bakal nulis di papan tulis dan nanyain siapa yang bentuk namanya begitu. Oemar Bakri, Oemar Bakri yang sudah empat puluh tahun mengabdi pun jadi lebih makan hati.

Sabar ya, X Æ A-12, jika kamu ikutan SBMPTN nanti kamu bakal jadi siswa yang paling bingung menghitamkan nama di lembar ujian. Selain Æ-nya nggak ada, tanda strip juga nggak ada. Sebelum baca soal ujiannya, kamu mungkin udah nangis duluan karena ciyut. Tapi nggak apa-apa, bapak kamu bisa bikinin universitas sendiri yang nggak perlu pakai SBMPTN segala.

Tapi ada untungnya juga punya nama yang rumit. Ini bisa digunakan untuk mengelabuhi polisi saat ditilang. Karena yang tertera di SIMnya adalah kode-kode yang susah dibaca, polisi bakal merasa canggung dan melepaskan begitu saja.

“Selamat siang, Mas, boleh saya periksa surat-suratnya?”

“Oh, boleh, Pak.” X Æ A-12 menyerahkan SIM.

“Baik, ini dengan Mas…ehem. Mas X ae a-12 ya?”

“Gimana Pak? Itu bukan nama saya…”

“Ini dengan Mas X ai…ah silakan ini SIMnya hati-hati di jalan.”

Begini saja, saya kasih tahu gambaran cara baca X Æ A-12 dari hasil telaah netizen. Saya kasihan sama kalian yang bingung. Ada yang berspekulasi kalau cara bacanya adalah X Ash Archangel. X adalah variabel yang belum diketahui, jadi tipikal nama ini mungkin bisa berubah atau berkembang nantinya. Æ dibaca “Ash” yang merupakan diftong Latin. Sementara A-12 udah dijelaskan juga sama Grimes kalau ini adalah pesawat favoritnya, pesawat ini punya sebutan “Archangel”.

Tapi ini baru satu dari sekian banyak spekulasi lho. Ada yang mencoba membongkar kode-kode entitas HTML atau hexademical dan memprediksi nama panggilan anak Elon Musk adalah Charles. Ada juga yang cuma main urutan alfabet dan mendapatkan “Jão” sebagai cara baca X Æ A-12. Semua tetap jadi misteri sebelum Elon benar-benar menggelar akikah dan potong kambing.

Sudahlah dimaklumi saja kalau kenyataannya keluarga Elon Musk sak karepe dewe. Anak-anak Elon Musk dari mantan istri sebelumnya juga tergolong ‘aneh’ untuk orang kebanyakan. Meski masih tetap bisa dieja dan nggak menyimpan bayak misteri begini sih. Elon Musk adalah definisi hidup dari istilah, “orang kaya mah bebas” dan kita tetap nggak bisa ngapa-ngapain selain nggumunan. Tertegun dengan kelakuan yang cool tapi ngehek yang sering dia lakukan.

BACA JUGA Review Film Extraction vs 6 Underground di Netflix, Mana yang Lebih Kacau? atau artikel lainnya di POJOKAN.