ilustrasi Mendata Kata-kata Aneh Ciptaan Anak Muda. Ini Baru Gaul~ mojok.co
ilustrasi Mendata Kata-kata Aneh Ciptaan Anak Muda. Ini Baru Gaul~ mojok.co

Mendata Kata-kata Aneh Ciptaan Anak Muda. Ini Baru Gaul~

MOJOK.CO – Jika Anda pikir kata-kata aneh ini termasuk kamseupay dan SKSD, duh mohon maaf mungkin Anda beda generasi.

Bahasa percakapan anak muda di Indonesia memang berkembang terus. Kalau nggak ngikutin sekali, selanjutnya bakal ketinggalan. Bahasa percakapan ini bahkan melahirkan kata-kata aneh yang sebenarnya nggak tahu bagaimana prosesnya kok ya bisa disepakati sebagai sesuatu yang gaul, mutakhir, dan up to date lah. Kocaknya, beberapa kata ini sudah terverifikasi pernah dicuitkan Ivan Lanin. Tuh, kan, penting banget berarti!

#1 Ngohkey

Kata “ngohkey” adalah satu dari sekian kata-kata aneh paling populer di TikTok. Kata ini disebutkan pertama oleh seorang seleb TikTok Kaffa Nugroho yang selalu males-malesan kalau bilang “oke”. Berkat “oke” versi Kaffa yang kedengaran kayak “ngohkey” semua orang jadi menirukan typing kayak gini. Kalau diucapkan pun, kata ini terdengar lebih malesin. Jadi kayak “ngoh… ey”.


#2 Mengcapek

Awalnya saya mengira orang-orang di internet suka kucing semua, jadi mereka menambahkan prefiks tidak resmi “meng” sebagai tanda kecintaan pada kucing. Tapi, ternyata nggak gitu. “Mengcapek” artinya ya capek, lebih tepat digunakan sebagai respons terhadap unggahan yang bikin lelah. Seolah-olah si netizen ingin berkata bahwa unggahan itu meng-capek-kan dirinya. Bukan hanya “mengcapek”, awalan “meng-” juga bisa diterapkan di kata-kata lain. Misalnya, “mengcaper”, “mengeselin”, dan lain-lain. Mungkin tujuannya biar terkesan imut kali.

#3 Definisi

Baca juga:  Hadiah Giveaway yang Bermanfaat Kek, Masak Saldo OVO Terus

Kata-kata aneh selanjutnya adalah “definisi”. Oke, memang kedengarannya nggak ada yang aneh. Tapi, orang-orang di TikTok dan media sosial lain mulai menerapkan kata “definisi” tidak pada tempatnya. Mereka menggunakan kata ini untuk menyatakan kesungguhan, seoah-olah bisa menggantikan kata “bener-bener”. Contoh kalimatnya begini, “Aku tuh definisi udah muter-muter yah sampai Ancol. Tapi, nggak nemu pokemon sama sekali, heran!” Tuh kan, si “definisi” udah berubah fungsi dari arti sebenarnya.

#4 Jujurly

Sebuah fusion dari imbuhan “-ly” dalam bahasa Inggris menghasilkan kata-kata aneh nan membagongkan. “Jujurly” itu artinya ‘secara jujur’ atau bentuk lain dari kata “honestly” dalam bahasa Inggris. Padahal kalau anak muda nggak pakai imbuhan “-ly” sebenarnya juga nggak masalah sih. Tapi, namanya juga bahasa zaman, ya suka-suka dong!

#5 Sumpah, demi Alek!

Legenda mengatakan cara bersumpah ini diawali dari kehadiran seorang kreator konten masa Michele Alex. Mungkin Mbak Alex pernah mencicipi masakannya sendiri dan saking enaknya blio keceplosan ngomong, “Enak banget sumpah demi Alek.” Selanjutnya, banyak netizen yang mengikuti dan kata-kata aneh ini di internet. Atau bisa juga followers setia Mbak Alex yang justru menciptakan cara menyumpah gaya baru ini. Nggak ada yang tahu kecuali yang memang tahu.

#6 Ngebadut

“Ngebadut” bukan berarti pakai wig dan pamer trik sulap di acara ulang tahun ya. Sebenarnya kata “ngebadut” ini merujuk pada korban harapan palsu, orang-orang yang tersakit atas ekspektasi mereka sendiri. Sudah tahu bakal sakit, eh kok ya masih ada yang ngebadutnya dilanjutin. Kira-kira begitulah. Mungkin netizen terlalu banyak nonton video klip Ada Band berjudul “Manusia Bodoh”. Di sana ada Aldi Taher yang berperan sebagai badut, penggambaran dari orang-orang tersakiti yang selalu tersenyum walau seperti karang yang dihempas samudra. Jalani hidup dalam buai belaka.

#7 Nanti diseruduk, nangeees!

Baca juga:  Soal Pemotongan Nisan Salib: Meneladani Nama "Maria" Jelang Natal

Kata-kata aneh selanjutnya sudah bertransformasi jadi sebuah kalimat ejekan yang mantap kali kalau diucapkan. Sebenarnya ada beragam jenis ejekannya, tapi selalu diakhiri dengan kata “nangeees!” biar yang baca mengcapek banget. Biasanya kalimat ini akan terlontar saat ada twit atau unggahan yang kelihatan “sok” ataupun yang sebenarnya biasa aja tapi bisa jadi sasaran empuk ejekan. Misal kalau ada yang lagi menjelek-jelekkan PDI-P, ngatain moncong putih bantengnya warna broken white, layak lah dikatain, “Nanti diseruduk, nangeees!” Lha bayangin aja diseruduk banteng PDI-P, pedih dong.

Ngohkey, sementara tujuh aja dulu daftar kata-kata aneh ciptaan anak mudanya. Kalau ada lagi yang baru, tolong saya dikabarin, ya.

BACA JUGA Kata Paling Indah dalam Bahasa Indonesia dan tulisan AJENG RIZKA lainnya.